Hari Raya Idul Fitri

Jumpa lagi kawan dengan artikelku kali ini kita akan bahas sesuatu yang masih hangat dan segar banget. Apakah itu? Gorengan? Bokong ayam? Atau ompol bayi? Atau mungkin genggaman tangan pacar? Ciyye. Salah bukan semuanya. Kali ini Arty singkatan dari artikelku ceile akan ngebahas tentang Hari Raya Idul Fitri. Yeeeee. Kira-kira apa aja ya yang bersangkut paut dengan Hari Raya yang satu ini daripada penasaran yuk yak yuk simaklah tulisan Arty ini.

Apa itu Hari Raya Idul Fitri?

Pertanyaan yang simple yang mudah dijawab. Menurut reader apa? Kalu orang-orang bilang hari ma’af-ma’afan, beda lagi kalau yang bilang ustadz-ustadz Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang suci. Kalau menurut Arty Hari Raya Idul Fitri itu adalah hari dimana kita kaum muslim merayakan kemenangan atas apa yang kita lakukan di bulan Romadhon seperti berpuasa dan zakat.

Siapa saja yang merayakan Hari Raya Idul Fitri?

Yang jelas ya umat dari Kanjeng Nabi Rasulullah SAW pemeluk agama Islam yang beriman dan beramal sholeh kan ada juga pemeluk agama Islam yang belum beriman dan beramal sholeh.

Dimana Hari Raya Idul Fitri dilakukan?

Ya di dunia ini masa dimana lagi? Namun pelaksanaan sholatnya bisa di masjid atau tanah lapang pokoknya tempat yang luas deh yang bisa menampung jamaah yang dateng. Nggak kelupaan tempatnya harus bersih alias suci dari yang namanya najis. Itu berarti secara nggak langsung kita bisa menyimpulkan kalau lebih baik sholat di masjid daripada di lapangan. Apalagi di musim kemarau kayak gini ntar lagi sholat kalau barengan sama angin bertiup bias jadi badai debu tuh. Ditambah dengan kita yang nggak tahu kalau sebelumnya disitu buat buang air. Iyalk.

Kapan Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan?

Yaitu pada tanggal 1 bulan Syawal. Namun biasanya suka ada sih yang nyleneh suka ada yang sebelum tanggal 1 atau tanggal 1 udah lewat. Penyebabnya mugkin perhitungan tanggal 1 yang kurang teliti. Soalnya tanggal 1 itu sinar bulannya tipisssss banget kagak bakalan bisa kalau dilihat pake mata tanpa busana (nama lain telanjang). So, bisa diketahui kenapa kok di seluruh Indonesia saja Sholat Ied-nya nggak bareng. Karena di kedua kubu M dan N (nama disamarkan) nggak ada yang mau ngalah jadi gitu deh. Tapi nggak sedikit kok yang Sholat Ied-nya barengan.

Mengapa harus dilaksanakan Hari Raya Idul Fitri?

Sudah disinggung diawal tadi Hari Raya Idul Fitri dilakukan untuk istilahnya memberi hadiah kepada orang-orang yang telah melakukan ibadah di bulan Romadhon karena mereka telah menang. Kayak yang diiklan mie instant itu lho ‘Insya Allah kita tetap menang’.

Bagaimana pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri?

Baik-baik saja. Emang nanyain keadaan? Caranya mulai dari kita bangun tidur terus mandi yang bersih habis itu pakai baju baru. Kalau tak punya pun tak apa-apa masih ada baju yang lama. Disunahkan memakai wewangian lalu berwudhu. Kalau reader kebetulan lapar makan aja ini kan bukan Sholat Idul Adha. Terus menuju ke tempat sholat dengan membaca takbir dan perasaan bahagia. Sesampainya di tempat sholat jika belu dimulai sholatnya reader cari tempat buat sholat terus gelar deh tiker atau Koran dan sajadah di atasnya. Kalau misalnya tiker reader masih sisa banyak dapetin pahala dengan mempersilahkan orang lain buat duduk di tiker reader. Banyak-banyak bertakbir sebelum sholat dimulai. Selesai sholat jangan pulang dahulu ya dengerin khotbahnya sampe selesai demi kesempurnaan Sholat Ied reader. Sepulang dari sholat reader bisa makan-makan dulu baru setelah itu ke tempat tetangga kiri-kanan buat berma’af-ma’afan.

Yang identik dengan Hari Raya Idul Fitri?

Wah, banyak banget tuh mulai dari ketupat wah pasti dong, opor ayam, kue nastar, minal aidzin, mudik, buat anak-anak uang dari kakek-nenek, paman, bibi. Wah seru.

Epilognya Arty mau ucapin terima kasih buat Allah SWT dan reader yang selalu setia membaca Arty. MAKACII. Artikel di atas tadi dituliskan dari sepengetahuan Arty aja bila ada yang salah atau kurang Arty minta maaf lahir dan batin. Kalau reader pengen nambahin atau mbetulin silahkan comment aja ntar Arty edit lagi. See you later with next Arty. Bye-bye.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s