Menjadi Part Timer

081434110602Oke. Kali ini aku akan membahas soal part-time. Maklumlah karena aku sekarang lagi jadi part-timer di salah satu tempat di sekitar kampusku. Nggak tau part-timer? Part-timer itu kerja paruh waktu. Pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang di waktu senggangnya untuk mendapatkan uang dikarenakan di waktu lain seseorang tersebut mempunyai kesibukan lain seperti kuiah, belajar, dan sebagainya. Seseorang dapat dikatakan sebagai part-timer apabila dia bekerja di luar kesibukannya. Sebagai contoh aku nih, aku menyempatkan untuk bekerja di sela-sela jadwal kuliahku. Itulah yang disebut part-timer. Part-time hanya dapat dilakukan saat seseorang berada di waktu senggang dan tidak sedang berada dalam kesibukan utamanya. Jika dia bekerja di waktu kesibukannya itu sudah bukan part-time lagi namanya. Itu adalah kerja tetap. Banyak sekali tempat-tempat yang membutuhkan adanya part-time untuk membantu meringankan pekerjaan karyawan-karyawan tetap. Tugas part-timer umumnya tidak begitu berat, paling cuma melayani pelanggan, menjaga counter, mengantar pesanan, ya sekitar itulah. Tapi ada juga lho yang part-time di kontruksi bangunan yang membutuhkan tenaga ekstra dalam pekerjaannya, namun gajinya terkadang tidak sebanding dengan usaha yang dikerahkan selama ber-part-time. Alasan aku ikut part-time ini yang paling utama ya pengen dapet uang atas usaha sendiri. Akan berbeda rasanya jika kita dapat uang atas hasil keringat kita sendiri dengan mendapat uang hanya dengan memasukkan plastik ke suatu mesin dan kita tinggal sebut nominal udah keluar sendiri. Menurutku itu rasanya sangat berbeda. Selain itu aku ingin tahu bagaimana sih rasanya cari uang sehingga ke depannya aku tidak akan menghambur-hamburkan uangku lagi. Kalau menambah pengalaman sih enggak, aku malah lagi cari pengalaman. Lha wong aku lagi pertama kali part-time ini kok. Rasanya jadi part-time itu seneng dan capek. Seneng kalau udah dapet disintensif yah walaupun nggak banyak sih tapi setidaknya aku nggak minta uang jajan sama orang tua lagi dan capeknya itu kalau lagi rame-ramenya pelanggan kita bakalan kewalahan dan kalau enggak kuat bisa stress sendiri. Serius. Itu terjadi pada temen part-time-ku. Kalau udah sampai batasnya ya air mukanya langsung berubah nggak enak dan dapat dibaca kalau dia lagi enggak seneng. Aku juga kalau udah tertekan sekali rasanya pengen nyerah dan angkat tangan plus bendera putih tapi ya, mau gimana lagi. Komitmen soalnya. Ada yang bilang kalau seseorang ber-part-time itu berarti dia termasuk wong kere atau orang miskin. Menurutku sih pendapat itu tidak benar soalnya aku sendiri yang part-time nggak begitu kere-kere amat. Memang sih kebanyakan orang-orang yang ber-part-time dianggap bahwa pekerjaan utamanya tidak dapat mencukupi kebutuhannya terus dia ber-part-time. Tapi nggak semuanya seperti itu, ada yang ber-part-time karena pengen ngerasain rasanya cari uang. Kayak aku nih misalnya. Atau juga pengen menambah pengalaman. So, jangan takut untuk melakukan sesuatu yang baik. Mulanya aku berpikir bakalan diketawain diejek tapi ternyata dugaanku salah. Rata-rata dari temenku yang lihat aku ber-part-time malah bilang keren. Aku juga agak keheranan sih. Mulai dari temen SMP, temen SMA, temen OSPEK, sampai Kadept HRD BEM fakultasku. Nggak nyangka kan ternyata di mata mereka ber-part-time itu tak seburuk yang aku kira. Jadi sekali lagi kalau kamu-kamu pada penasaran jangan takut untuk melakukannya. Tidak salah kan jika mencoba. Part-time itu meski melelahkan tapi kita akan mendapatkan hasil jerih payah kita di tiap akhir bulan. Oh, iya lupa, di dalam part-time kita dituntut untuk rajin, telaten, disiplin dan tepat waktu. Kita harus tahu apa tugas kita saat part-time tanpa harus disuruh si karyawan. Ya udah sih itu aja. Nggak ada yang diomongin lagi. Ayo ber-part-time.

Leave a Reply

